5 Jenis Buah untuk Menghambat Diabetes

5 Jenis Buah untuk Menghambat Diabetes

5 Jenis Buah untuk Menghambat Diabetes – Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Penyebab seseorang menderita diabetes biasanya akan mengalami peningkatan kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh jauh di atas batas normal. Dalam tubuh manusia, glukosa berfungsi sebagai sumber energi. Sementara itu, tubuh penderita diabetes slot kamboja gacor tidak mampu menyerap glukosa secara optimal. Akibatnya terjadi penumpukkan sehingga menimbulkan gangguan pada organ tubuh.

Diabetes sendiri terdiri atas tipe 1 dan 2. Pada tipe diabetes 1, tubuh tidak mampu menghasilkan insulin sama sekali. Sebaliknya, tubuh justru menghancurkan sel insulin. Sementara itu, pada tipe 2 tubuh tidak bisa merespons serta memproduksi insulin secara normal. Faktor penyebab penyakit ini pun sangat beragam. Bisa dari genetik, pola hidup kurang sehat, obesitas, usia senja, distribusi lemak pada perut, sampai kondisi prediabetes.

5 Jenis Buah untuk Menghambat Diabetes

Plum

Mungkin tidak banyak yang mengonsumsi buah plum di Indonesia. Namun, buah ini memiliki banyak manfaat, nih! Salah satunya untuk mencegah diabetes semakin parah. Kandungan antioksidannya yang tinggi dipengaruhi oleh kandungan zat fito yang memang terkenal tinggi akan antioksidan sehingga bisa mencegah penyakit diabetes melitus.

Tak hanya itu, manfaat baik yang terkandung dalam buah plum seperti, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenik, sorbitol, kalium, isatin, zat besi, dan florida. Nah, cara mengonsumsi buah plum pun bisa dimakan saat masih segar ataupun sudah dikeringkan.

Jambu Biji

Jambu biji terkenal sebagai buah yang bisa memulihkan diri dari penyakit demam berdarah. Khasiatnya bukan hanya sebatas itu, jambu biji juga mampu mencegah diabetes pada tubuh. Kandungan vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan asam folat dalam jambu biji bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar gula darah.

Kiwi

Kaya akan vitamin C, serat, kalium, dan antioksidan, kiwi bisa masuk ke dalam kategori buah yang mampu mencegah diabetes. Ditambah, nilai indeks glikemik yang rendah pada kiwi menjadikan buah ini mampu memperlambat penyerapan glukosa dari makanan. Maka dari itu, tak heran kalau buah ini punya manfaat besar untuk penderita diabetes.

Anggur

Anggur memiliki kandungan yang bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan anggur kaya serat sehingga bisa melancarkan metabolisme tubuh. Meski dikatakan baik, penderita diabetes perlu membatasi konsumsi anggur karena kandungan gulanya yang tinggi. Jadi, jangan berlebihan ya!

Alpukat

Kebanyakan orang memiliki persepsi yang salah mengenai buah alpukat untuk diabetes. Pasalnya, alpukat banyak dihindari oleh orang karena kandungan lemak tak jenuhnya cukup tinggi. Padahal, alpukat baik untuk mencegah diabetes karena lemak tak jenuh justru tidak membuat seseorang mengalami obesitas, tetapi malah mengontrol gula darah.

Nah, alpukat ini mampu meningkatkan kinerja insulin. Selain itu, bisa menurunkan risiko sindrom metabolik https://www.umkmsurabaya.com/ yang menjadi pemicu utama diabetes. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan cara apapun. Baik secara langsung ataupun diolah berbentuk salad, selai, topping sandwich, dan lain sebagainya.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *